Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lubang Headset HP Rusak? Perbaiki Dengan Cara Berikut Ini

Tidak sedikit pengguna HP yang mengalami headset tidak mengeluarkan suara saat dicolokkan ke lubangnya. Masalah tersebut tentu sangat mengganggu Anda yang ingin mendengarkan lagu atau radio lewat headset. Salah satu penyebab utama dari masalah headset yang tidak dapat mengeluarkan suara adalah lubang headset HP rusak.

Kerusakan pada lubang headset atau konektor yang menjadi penghubung jack headset dengan HP sebenarnya hal yang lumrah terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam diantaranya lubang headset yang mengalami konslet atau kerusakan pada kuningan yang ada di dalam lubang headset. Kerusakan tersebut dikarenakan Anda menancapkan atau melepaskan jack headset secara kasar dan sembarangan sehingga lama-lama mengganggu kinerjanya. Selain itu HP yang pernah terjatuh dengan keras juga bisa menjadi penyebabnya.

memperbaiki lubang headset pada hp
memperbaiki lubang headset pada hp

 
Cara paling mudah untuk mengetahui apakah terjadi kerusakan pada lubang headset adalah munculnya tanda icon headset yang terletak di bar notifikasi HP meskipun saat itu tidak dicolokkan. Jika menemukan tanda tersebut sebaknya Anda mulai melihat bagaimana kondisi lubang headsetnya. Cara terbaik untuk mengecek dan memperbaiki lubang headset yang rusak adalah membongkar HP terlebih dahulu. Hal itu bertujuan untuk memisahkan mainboardnya sehingga lebih mudah diperbaiki. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Bongkar HP dan pisahkan mainboard headsetnya.
  2. Siapkan beberapa bahan yang akan digunakan untuk membersihkan lubang headset seperti cotton bud, alkohol, dan thinner.
  3. Bersihkan lubang headset menggunakan cotton bud, lakukan secara perlahan-lahan dan ulangi sampai bersih.
  4. Setelah benar-benar bersih pasang kembali mainboard headset dan nyalakan HP. Cobalah untuk mendengarkan musik menggunakan headset untuk mengetesnya.
  5. Jika sudah mengeluarkan secara normal maka bisa dipastikan bahwa lubang headset hanya kotor.

Namun jika cara diatas belum berhasil, maka kemungkinan lainnya adalah lubang headset HP rusak. Solusi paling tepat adalah menggantinya dengan konektor baru karena jika hanya memperbaikinya masalah yang sama akan muncul lagi. Berikut ini langkah-langkah untuk mengganti konektor headset:

  1. Untuk melepaskan konektor yang rusak Anda harus menggunakan blower dan memanaskannya.
  2. Atur posisi blower pada angka 350.
  3. Pastikan komponen lain seperti IC, kamera, dan lainnya tidak terkena panas dari blower karena bisa berpengaruh pada kinerja HP.
  4. Jika konektor rusak tersebut sudah bisa dilepaskan segera bersihkan bekas pemanasannya.
  5. Terakhir, Anda tinggal memasang konektor headset baru.

Jika sudah melakukan langkah-langkah mengganti konektor headset baru diatas, pasang kembali semua komponen HP dan nyalakan. Apabila headset sudah mengeluarkan suara dengan baik maka proses penggantian berhasil. Namun perlu diingat untuk mengganti konektor lubang headset HP rusak Anda perlu keajlian serta alat-alat khusus. Jika tidak bisa Anda tinggal menyerahkannya kepada servis HP terdekat.

Posting Komentar untuk "Lubang Headset HP Rusak? Perbaiki Dengan Cara Berikut Ini"